Kunjungan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk Penelitian Skripsi

 


Bogor, 17 Februari 2024, Saudara Ibnu Al-Faruq, mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin dan Adab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, telah melakukan kunjungan ke Pusdok Al-Irsyad Bogor dalam rangka penelitian skripsinya yang berjudul "Komunitas Keturunan Arab Empang Bogor (1895-1953) dan Kaitannya dengan Keberadaan Syaikh Ali Athoyyib".

Dalam penelitiannya, Ibnu Al-Faruq tertarik untuk mengungkap kisah menarik tentang keberadaan Syaikh Ali Athoyyib di Empang, yang merupakan tokoh utama dalam penyebaran tarekat Tijaniyah di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Sebagai seorang mahasiswa Sejarah dan Peradaban Islam, ia mengambil langkah untuk mendalami sejarah komunitas keturunan Arab di Empang Bogor, khususnya dalam rentang waktu 1895 hingga 1953.

"Saya percaya bahwa memahami sejarah dan peran komunitas keturunan Arab di Empang Bogor akan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang perkembangan Islam di Indonesia, terutama peran Syaikh Ali Athoyyib dalam menyebarkan tarekat Tijaniyah," kata Ibnu Al-Faruq.

Kunjungan ini selain melakukan wawancara juga berhasil mendapatkan data dan informasi yang akurat serta mendalam untuk penelitiannya, salah satunya adalah manuskrip langka koleksi Pusdok yang ditulis oleh Syaikh Ali Athoyib, dan juga majalah yang pernah di terbitkan dalam bahasa Arab di Bogor. 

Ibnu Al-Faruq mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dan suport untuk penelitiannya. Dia berharap bahwa hasil penelitiannya nantinya dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman lebih lanjut tentang sejarah Islam di Indonesia, khususnya peran komunitas keturunan Arab di Empang Bogor dan pengaruh Syaikh Ali Athoyyib dalam penyebaran tarekat Tijaniyah.

Belum ada Komentar untuk "Kunjungan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk Penelitian Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel