Luigi Monteanni, Peneliti Asal Italia menyambangi Pusdok Al-Irsyad Bogor

Diantara para peneliti asing yang pernah melakukan kunjungan untuk tujuan mencari literasi dalam rangka kebutuhan riset sejarah ke Pusdok Al-Irsyad Bogor antaranya adalah Dr. Luigi Monteanni dari Milan, Italia (23/12/23).

Luigi Monteanni sangat tertarik dengan literasi buku dan dokumen yang dikoleksi oleh Pusdok Al-Irsyad Bogor, terutama pada kategori literasi tentang studi hadrami di Nusantara yang menurutnya sangat lengkap, dan bahkan beberapa buku itu kini sudah semakin sulit didapat dari sumber lain. Dari koleksi inilah nantinya akan menjadi bahan-bahan pendukung dalam rangka penelitian beliau yang difokuskan pada masyarakat keturunan Arab di Indonesia, sebuah kajian menariknya terhadap peran dan kontribusi hadharim dalam menciptakan akulturasi budaya yang memberi corak di Nusantara, khususnya di Jawa.

Luigi diterima dan disambut dengan hangat oleh Tim Pusdok Al-Irsyad Bogor, antaranya ialah Abdullah Abubakar Batarfie (Founder & Ketua Pusdok), Ir Zeyd Amar (wakil ketua), Mansyur Alkatiri (sekretaris), Anisah (Eva) Ambadar (Bendahara) dan Kamil Sungkar (wakil Bendahara).

Luigi merupakan lulusan cumlaude dalam bidang antropologi dari Università Cattolica del Sacro Cuore di Gesu (Milano) dan juga peraih cumlaude saat mengambil gelar master di almamater Studiorum, Bologna.

Sebagai seorang sosiolog yang fasih berbahasa Italia, Inggris, Jerman, Prancis, Indonesia dan Sunda ini, Luigi Monteanni pernah meraih beasiswa Darmasiswa dari Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung pada kurun waktu 2017-2018. Selama berada di Indonesia, Luigi Monteanni, peneliti asal Italia ini pernah membedah "misteri kesurupan pada musik Reak" di Jawa Barat.




Belum ada Komentar untuk "Luigi Monteanni, Peneliti Asal Italia menyambangi Pusdok Al-Irsyad Bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel