Kunjungan Majelis Hikmah Alawiyah (MAHYA) Ke Pusat Dokumentasi & Kajian Al-Irsyad Bogor

Langkah kongkrit dua Lembaga yang memiliki kesamaan mata rantai sejarah kini dirajut kembali dalam sebuah gagasan kerjasama peradaban yang dikonsetrasikan pada misi kelestarian karya intelektual Islam dan warisan budaya, dimana akar komunitas kedua lembaga ini sudah dirintis dan dikembangkan oleh para pendahulunya dimasa lalu.



Sekretaris Majelis Hikmah Alawiyah atau MAHYA Syd.Abdul Hafidz Al-Attas bersama Kepala Perpusatakaan Kanzul Hikmah Ustadz Abdul Karim, melakukan kunjungan Silaturahmi ke Pusat Dokumentasi (PUSDOK) Dan Kajian Al-Irsyad Bogor pada selasa 3 Maret 2020.  Tujuan dari kunjungan silaturahmi tersebut adalah untuk mengembalikan dan mempererat hubungan antara kedua keluarga besar yang merupakan bagian dari umat dan bangsa Indonesia, terutama dalam bidang kerjasama keilmuan dan sejarah.

MAHYA yang kini dikomandani (ketua umum) oleh Sayyid Ahmad bin Jindan adalah sebuah lembaga independent yang memiliki perpustakaan atau Maktabah Kanzul Hikmah yang peresmiannya dibuka oleh Menteri Agama RI pada 29 Juni 2019. Lokasinya berada di Jalan Kalibata Timur Raya, Jakarta Selatan. Perpustakaan yang dimiliki dan dikelolanya itu mengoleksi berbagai jenis kitab klasik dan modern yang sudah mencapai lebih dari 12.000 judul. Banyak diantara koleksinya tersebut masih berupa teks tulisan tangan atau manuskrip yang didapatnya dari perpustakaan-perpustakaan pribadi.

MAHYA dan Pusat Dokumentasi & Kajian Al-Irsyad memiliki tujuan dan kegiatan yang sama, yaitu melakukan kegiatan dokumentasi dan pelestarian sumber-sumber sejarah yang berhubungan dengan pergerakan Islam, sejarah penyebaran Islam serta sejarah keturunan Arab di Indonesia.


Karena itu MAHYA dan PUSDOK AL-IRSYAD BOGOR bersepakat untuk melakukan kerjasama dalam bidang pengembangan koleksi perpustakaan. MAHYA juga siap memberikan pelatihan tehnik pustakawan, katalog, digitalisasi dan konservasi dokumen. Karena itu telah MAHYA mengundang PUSDOK untuk mengunjungi Maktabah yang dikelolanya tersebut guna melihat dan  membicarakan potensi kerjasama yang akan dilakukan.

Sekretaris MAHYA Syd Abdul Hafidz 
Al-Attas didampingi Abdullah Batarfie Ketua PUSDOK & Kajian Al-Irsyad Bogor melihat-lihat koleksi buku-buku karya Syaikh Ahmad Surkati dan ulama Al-Irsyad

Belum ada Komentar untuk "Kunjungan Majelis Hikmah Alawiyah (MAHYA) Ke Pusat Dokumentasi & Kajian Al-Irsyad Bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel