Kunjungan Balasan PUSDOK Al-Irsyad Bogor ke Majelis Hikmah Alawiyah

Pusat Dokumentasi (PUSDOK) Dan Kajian Al-Irsyad Bogor yang dipimpin oleh Ketuanya Abdullah Abubakar Batarfie bersama tim yang terdiri dari Bapak Ir.Zeyd Amar, Nabil A.Karim Hayaze dan Abdullah Elly, hari ini Rabu 11 Februari 2020 melakukan pertemuan silaturahmi dengan Majelis Hikmah Alawiyah atau MAHYA. Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan MAHYA pada minggu sebelumya di Bogor 3 Maret 2020.

Rombongan Tim PUSDOK Al-Irsyad tiba dan diterima oleh MAHYA di Gedung Perpustakaan MAKTABAH KANZUL HIKMAH yang berlokasi di Jalan Kalibata Timur Raya, Jakarta Selatan. Rombongan disambut oleh jajaran pengurus MAHYA dan Kepala Perpustakaan beserta staf. Mereka menyambut penuh persaudaraan dan jamuan makan siang bersama. Tim kedua lembaga yang sama-sama berkhidmat pada bidang literasi ilmiah dan riset ini, larut dalam perbincangan tentang pengalaman kedua belah pihak dibidang penelitian sejarah. Ustadz Ali Yahya sebagai salah satu staf Ahli MAHYA juga berbagi pengalaman dibidang garapan sejarah yang sudah dirintisnya diberbagai daerah di Nusantara dan Luar Negeri, khususnya di kawasan ASEAN.

Dengan dipandu oleh Sekretaris Umum MAHYA saudara Hafidz Al-Attas, tim Pusdok Al-Irsyad Bogor melihat-lihat berbagai ruang dan kegiatan Maktabah Kanzul Hikmah mulai dari ribuan kitab-kitab dan buku-buku yang dikoleksi yang tersimpan dan tertata rapih secara modern dengan rak-rak berbahan besi. Ruang olah data buku dan dokumen yang terdigitalisasi menggunakan tekhnologi berbasis IT. Beberapa makhtutot atau manuskrip lama dalam bahasa arab yang berasal dari ulama Hadramaut, menjadi hal menarik yang mencuri pusat perhatian Tim PUSDOK. 

Mahya dan Pusdok Al-Irsyad yang memiliki tujuan dan kegiatan sama melakukan kegiatan dokumentasi dan pelestarian sumber-sumber sejarah, kedua lembaga ini sepakat akan membahas kerjasama lebih lanjut dengan mengirimkan tenaga muda ralawan pusdok untuk dilatih menjadi pustakawan di MAHYA dan rencana pertukaran koleksi. Salah satu hal yang menarik dari kegiatan olah data MAHYA adalah alat scaner hasil rakitan dan inovasinya. MAHYA dengan kelengkapan sarana yang dimiliki, sistem dan pengolahan koleksi-koleksinya, telah menjadi sebuah inspirasi bagi PUSDOK.

Diakhir kunjungan Tim Pusdok membubuhi tanda tangan dan kesan atas kunjungan tersebut pada lembar khusus yang telah disiapkan, Bapak Zeyd Amar dalam pesannya menulis "Suatu perpus yang cukup baik, modern, dan profesional. Bangga ummat mempunyai perpustakaan yang terbilang lengkap dan menginspirasi. Ketua PUSDOK Abdullah A.Batarfie dalam lembar yang sama juga memberikan apresiasinya dengan satu kalimat "MAHYA telah menjadi rumah inspirasi bagi PUSDOK AL-Irsyad".

Belum ada Komentar untuk "Kunjungan Balasan PUSDOK Al-Irsyad Bogor ke Majelis Hikmah Alawiyah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel