Jamuan Makan Malam Ibu Syaikhoh Abdul Latif Arrasyid di Kediaman Bapak Mahzum Baisa


Tamu kehormatan Pusat Dokumentasi & Kajian Al-Irsyad Bogor, Ibu Syaikhoh Abdul Latif Arrasyid dari negara Kerajaan Kuwait dan rombongan pada hari senin malam (2/09/2019) mendapatkan kehormatan secara khusus dengan diundang dalam acara jamuan makan malam di kediaman Bapak Mahzum Baisa di Jakarta. Dalam jamuan makan malam tersebut juga berlangsung wawancara Ibu Syaikhoh dengan Ketua Dewan Syuro Al-Irsyad Al-Islamiyyah Ustadz Abdullah Jaidi tentang peran dan kiprah Syaikh Abdul Aziz Arrasyid kakeknya selama masa pengabdiannya di kota Pekalongan. Menurutnya (Ustadz A.Al-Jaidi), sejak kedatangannya di kota Pekalongan Syaikh Abdul Aziz Arrasyid bukan saja dikenal sebagai seorang guru kepala sekolah dan pendidik di Madrasah Al-Irsyad, tapi juga berperan aktif dalam melakukan pembinaan dan kaderisasi kepada para Pemuda Al-Irsyad yang diwadahinya dalam Nadi Al-Irsyad yang dirintis dan dibinanya. Pembinaan-pembinaan yang dilakukannya adalah menumbuhkan ghiroh pada para pemuda sebagai penggerak perubahan dalam masyarakat guna mewujudkan generasi muslim yang cerdas dan berwawasan luas, baik dalam ilmu pengetahuan agama maupun umum.

Kader-kader Pemuda Al-Irsyad yang dibinanya itu kelak tampil menjadi pelanjut estafeta kepemimpinan di Al-Irsyad Al-Islamiyyah baik di tingkat daerah maupun nasional. Syaikh Abdul Aziz Arrasyid juga dikenal sebagai penulis yang produktif. Beberapa artikelnya sering dimuat dalam majalah Asy-Syifa yang diterbitkan oleh Al-Irsyad cabang Pekalongan sejak sebelum Syaikh Abdul Aziz Arrsyid tiba di kota itu pada tahun 1933.

Ustadz Abdullah Baharmuz turut menyampaikan pula tentang ketokohan Syaikh Abdul Aziz Arrasyid di Indonesia, khususnya bagi Al-Irsyad yang namanya dikenal luas oleh irsyadien sejak dahulu. Beberapa kerjasama proyek negara Kuwait di Indonesia, menurutnya adalah karena berkat hubungan mata rantai sejarah Kuwait atas peran dan ketokohan Syaikh Abdul Aziz Arrasyid di Indonesia.

Selain Ketua Dewan Syuro Al-Irsyad Al-Islamiyyah, acara jamuan makan malam bersama Ibu Syaikhoh ini dihadiri juga oleh ustadz Abdullah Baharmuz, Bapak Zeyd Bahmid dan Bapak Mubarak Nahdi. Sementara itu Bapak Ir.Zeyd Amar, Bapak Mansyur Alkatiri dan Abdullah Batarfie, masing-masing hadir sebagai Pengurus Pusat Dokumentasi & Kajian Al-Irsyad Bogor.


Dalam pertemuan jamuan makan malam itu dinyatakan pula komitmen bersama untuk saling bekerjasama dalam meneruskan misi perjuangan Syaikh Ahmad Surkati dan sahabatnya Syaikh Abdul Aziz Arrasyid. Ibu Syaikhoh juga berharap besar dapat merajut kembali hubungannya dengan Al-Irsyad Al-Islamiyyah dan keinginannya untuk melestarikan jejak Syaikh Abdul Aziz Arrasyid di Indonesia, khususnya di kota Pekalongan. Karena lebih dari separuh waktu lamanya dia menetap di Indonesia, yang paling terlama dan ada jejak fisiknya adalah di kota Pekalongan.

Ibu Syaikhoh telah menyatakan rasa bahagianya dan tersanjung atas undangan jamuan makan malam tersebut. Di sela acara ramah tamah itu pula beliau mengungkapkan kekagumannya atas keramah tamahan sohibul bait Bapak Mahzum Baisa dan keluarga, termasuk interior rumah yang dinilainya sangat artistik dan nyaman.


Berlangganan artikel terbaru via email. GRATIS! :

Belum ada Komentar untuk "Jamuan Makan Malam Ibu Syaikhoh Abdul Latif Arrasyid di Kediaman Bapak Mahzum Baisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel