Kunjungan Pegiat Muda Yayasan Cipta Mandiri (YCM) ke Pusdok Al-Irsyad Bogor


Siang hari ini (rabu, 24 Juli 2019), Pusat Dokumentasi dan Kajian Al-Irsyad Bogor menerima kunjungan dari teman-teman pegiat muda  Yayasan Cipta Mandiri (YCM). Kedatangan mereka dipandu oleh Lady Delva Ros T yang bertindak sebagai inspiring leader dengan ditemani oleh rekannya saudara Rizki. 

Mereka tiba dan diterima di ruang utama perpustakaan oleh ketua Pusdok Abdullah Abubakar Batarfie pada pukul 14.00. Dengan disuguhi sajian minuman tradisional Es Cincau Hijau dan Asinan khas Bogor Ibu Empah, dalam suasana ceria dan penuh antusias mereka bersemangat dan fokus menyimak pemaparan tentang seputar sejarah Al-Irsyad dan kontribusinya bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mereka juga asyik membuka lembar demi lembar dan membaca buku-buku yang bertemakan sejarah, budaya dan agama. Koleksi klasik buku dan majalah terbitan tahun 30-an diabadikannya bersama momen mereka. Salah satu diantara yang menarik bagi mereka dan dipandang sebagai temuan barunya adalah koleksi sabak, sebuah alat tulis dari batu hitam yang digunakan oleh sekolah rakyat pada zaman doeloe. 

Dalam kesempatan atas kunjungan tersebut ananda Lady menyampaikan kesan dan ungkapannya dengan menyatakan Ia dan teman-temannya senang akan kunjungan ini karena bisa belajar lebih langsung dari ahlinya. "Kami semua sangat antusias untuk belajar sejarah semoga bermanfaat ilmunya".

YCM adalah sebuah Yayasan Kreatif Independen yang bergerak di bidang pembinaan bagi anak-anak dan remaja untuk membangun kepercayaan diri, pengetahuan umum dan keterampilan praktis. Konsep yang di kembangkan adalah model rumah pembinaan dengan mengadopsi sekolah berbasis akademis yang mereka namakan sebagai sekolah akademis tradisional. 

Dari informasi yang diperoleh dari situs website YCM, yayasan yang didirikan pada tahun 2002 oleh Ny. Gesine Nitzschke dan Ibu Putu Ayu Novitry Ariany ini diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja berusia 10 hingga 22 tahun yang berasal dari latar belakang kurang mampu tetapi termotivasi untuk memperluas pengetahuan mereka dan melampaui harapan. YCM dimulai sebagai fasilitas kecil hanya untuk beberapa anak tetapi hari ini, dengan dukungan sponsor yang tak ternilai, yayasan telah berkembang untuk menampung sekitar 100 siswa aktif. YCM bertempat di gedung dua lantai yang memiliki ruang kelas, dua ruang komputer, dua ruang menjahit, dan dapur.

Dengan suasana penuh keceriaan dan keakraban, teman-teman remaja muda asuhan Cipta Mandiri berpamitan meninggalkan Pusdok pada pukul 16.00 dengan  mengungkapkan keinginannya untuk dapat kembali mengunjungi pada kesempatan berikutnya yang tentu saja akan disambut dengan hangat keinginan tersebut oleh Pusdok dihari-hari berikutnya. Selamat berkreativitas dan berkarya semoga kalian sukses dan tampil menjadi duta-duta bangsa yang bercitra positif dan anak bangsa yang maju.




Berlangganan artikel terbaru via email. GRATIS! :

Belum ada Komentar untuk "Kunjungan Pegiat Muda Yayasan Cipta Mandiri (YCM) ke Pusdok Al-Irsyad Bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel